MEMBUAT PERUBAHAN SEBAGAI KEMAJUAN

MEMBUAT PERUBAHAN SEBAGAI KEMAJUAN

Banyak pemimpin baru masuk ke dalam lingkungannya dengan mengampanyekan perubahan sebagai slogan utama mereka untuk mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Pertanyaannya: apakah perubahan itu dipersepsikan sebagai kemajuan? Atau perubahan itu sudah dipersepsikan sebagai kemajuan, namun apakah kenyataannya dipersepsikan sebagai kemajuan?

Ada sebuah cerita bahwa seorang HR Director dari perusahaan besar mengalami pemecatan dari pulang berlibur karena semua upaya perubahan yang dilaksanakan tidaklah dianggap sebagai kemajuan, namun sebuah kemunduran. Menjadi sangat penting adalah memahami apa yang dianggap kemajuan oleh pelanggan kita (bawahan, rekan kerja, terutama atasan).

Kita mungkin berpikir sedang membuat kemajuan untuk perusahaan dan komunitas, namun kenyataannya kita malah dianggap tidak efektif dan efisien dalam menjalankan tugas. Adalah sangat baik untuk kita bertanya apa yang menjadi harapan seluruh stakeholder kita dalam memberikan pelayanan yang pas dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan demikian, perubahan yang diinginkan terjadi sebagai suatu kemajuan, dari yang tidak ada menjadi ada, dari yang kurang baik menjadi lebih baik lagi.
--------------------------------------------------------------------------------------------