KEPEMIMPINAN MEMANG UTAMA

KEPEMIMPINAN MEMANG UTAMA

Ketika saya diminta untuk membantu sebuah organisasi untuk merumuskan visi dan misinya, saya menolak karena saya tahu permasalahan utama organisasi itu adalah bukan pada perumusan visi dan misinya, melainkan kepemimpinannya. Sebagus apapun visi dan misi dirumuskan, kalau pemimpin di sana tidak mengambil tanggung jawab kepemimpinan, maka semuanya akan sia – sia.

Saya melihat dan merasakan bahwa kepemimpinan yang lemah akan menyebabkan konflik di dalam organisasi semakin meningkat karena masing – masing orang akan berusaha memperebutkan sumber daya penting untuk kepentingan masing – masing. Kepemimpinan yang kuat akan mengakhiri pertentangan energi negatif dan mengarahkan energi kepada isu dan masalah utama dalam organisasi.

Sama seperti dalam sebuah keluarga bahwa musuh mereka bukanlah anggota keluarganya, melainkan kuasa gelap yang bekerja untuk meruntuhkan keutuhan rumah tangga mereka; maka musuh sebenarnya perusahaan adalah para kompetitor mereka, bukan anggota organisasi mereka sendiri. Organisasi yang memiliki kepemimpinan yang lemah, pada dasarnya merugikan diri mereka sendiri dan membuang banyak waktu dan sumber daya dengan percuma, sementara kompetitor mereka melaju dengan kencang.

Aturan utama dalam organisasi adalah tempatkan orang sesuai dengan kapasitas dan kekuatannya, terutama dalam hal kepemimpinan. Orang yang tidak memiliki talenta kepemimpinan akan membuat diri dan sesamanya frustrasi ketika organisasi dan dirinya tidak memiliki kesadaran diri yang berani menyatakan bahwa kepemimpinan yang benar belum terjadi di tempat ini. Bagaimanapun juga, kepemimpinan adalah yang utama, terutama ketika organisasi sedang berbenah dan menginginkan pertumbuhan.
--------------------------------------------------------------------------------------