TRUST AND RESPECT

TRUST AND RESPECT

Memang mudah mengatakan bahwa percaya dan rasa hormat adalah modal utama dalam sebuah hubungan, namun untuk mempraktekkannya adalah hal yang tidak mudah, apalagi ketika prasangka sudah mulai masuk ke dalam hubungan tersebut. Abraham Maslow menyatakan bahwa orang yang beraktualisasi diri adalah orang yang senantiasa mempertahankan perspektif yang segar akan segala sesuatu. Berada dalam lingkungan kerja yang berisi tentang orang dan orang, banyak pendapat dan perasaaan yang bisa membentuk prasangka kita terhadap orang lain.

Prasangka negatif bisa membuyarkan rasa percaya dan hormat kita kepada orang lain. Prasangka negatif bisa menghancurkan pondasi hubungan yang sehat. Apabila rasa percaya dan hormat itu sudah tidak ada lagi, maka sudah tidak ada lagi yang bisa diharapkan dalam hubungan, termasuk hubungan kerja.

Bagaimana caranya kita terhindar dari prasangka negatif?
  1. Selalu menemui sumber utama dalam pencarian data. Gunakan semua panca indera kita untuk bisa memahami apa yang sebenarnya terjadi. Jangan menerima data sekunder yang tidak langsung kita terima.
  2. Klarifikasi dan konfirmasi setiap masukan. Lalu konfrontasikan dengan fakta – fakta yang ada untuk menemukan konsistensi semua pendapat dan perasaaan.
  3. Kedepankan rasio daripada perasaan. Gunakan fakta dan proses semuanya dengan rasio untuk mendapatkan kejernihan pandangan dan pemikiran.
--------------------------------------------------------------------------------------------