WAKTU LUANG BAPAK MANAGER

WAKTU LUANG BAPAK MANAGER

Apakah ada waktu luang dalam pekerjaan? Kalau pun ada, apa yang harus kita lakukan? Rasanya aneh membayangkan bahwa di tengah segala kesibukan, kita memiliki waktu luang. Apalagi tipikal kita adalah seseorang yang sangat suka dengan kesibukan dan terpacu oleh deadline – deadline yang memacu hormon adrenalin kita. Kalau kita penggila kesibukan, maka kita seperti orang yang bingung kalau menemukan waktu luang.

Stephen Covey justru menyarankan seorang yang efektif akan menemukan dirinya melakukan pekerjaan penting, tetapi tidak mendesak karena sesuatu yang mendesak cenderung menguasai kita dan tidak sehat secara jasmani dan rohani. Seorang manager yang efektif akan menemukan dirinya secara wajar memiliki waktu luang untuk mengerjakan hal – hal yang penting tetapi tidak mendesak, seperti: melakukan perencanaan kerja, mengonsep suatu proyek penting, memantau pelaksanaan suatu pekerjaan dan aktivitas lainnya yang penting, tetapi tidak mendesak (bisa saja tidak dilakukan).

Di tempat kerja, ada beberapa pilihan aktivitas yang bisa dilakukan. Di saat tidak ada hal yang mendesak, apakah kita akan bergerak dalam perencanaan ataukah kita akan mengobrol dengan rekan kerja. Saat luang adalah kesempatan yang sangat baik untuk memikirkan rencana penting (baca: strategis) perusahaan atau departemen kita sehingga kita tidak terjebak dalam rutinitas tanpa tahu gambar besarnya. Kadang tiran hal – hal yang mendesak menimbulkan kecanduan yang kuat bagi para manager sehingga mereka cenderung tidak bergerak ketika tidak ada bunyi bahaya yang berbunyi.

Seperti dalam peperangan, tidak ada bunyi apa – apa justru merupakan situasi yang membahayakan. Di waktu luang Manajer perlu meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan pemeriksaan dengan cermat dan melaksanakan perencanaan yang matang untuk kemajuan.
--------------------------------------------------------------------------------